Sunday, September 16, 2018

Pelatihan di Arsipus Kab. Klaten | DailyLife1 | Mukti911


A. Pendahuluan
Nah kali ini aku akan share pengalamanku tentang hari ini. Nah hari ini seperti yang telah diagendakan sebelumnya. Aku dan temanku ( Choirul Septyono ) melakukan Pelatihan terhadap pustakawan di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Klaten.

B. Latar Belakang
Diadakannya Pelatihan ini diharapkan para pustakawan dapat melakukan pengolahan kata dan angka di aplikasi Microsoft Office Word dan Microsoft Office Excel. Dan juga mampu mengunakan dan mengoptimalkan penggunaan Aplikasi Microsoft Office Word dan Microsoft Office Excel.

C. Maksud & Tujuan
Pustakawan mampu mengoperasikan Komputer serta mampu mengunakan, mengoptimalkan, mengimplementasikan pengunaan Microsoft Office Word dan Microsoft Office Excel untuk berbagai kebutuhan diperpustakaan.

D. Waktu Pelaksanaan
  • 08:00 - Selesai 
E. Pembahasan
Nah Pada hari ini yaitu Senin, 17 September 2018 kami mengagendakan untuk orang yang ikut pelatihan mampu mengunakan dan mengotimalkan penggunaan Komputer dan Aplikasi Microsoft Office Word & Excel.

Hal yang kami sampaikan pada para peserta pelatihan yaitu adalah bagaimana cara untuk menyalakan komputer dan meatikan komputer. kemudian kami juga menjelaskan mengenai File Explorer. Nah yaitu pada bagian apa itu File Explorer, bagaimana cara mengoperasikannya, bagaimana cara memodifikasi, membuat, menghapus serta mengubah namanya file dan folder.

Kemudian pula kami juga menjelaskan mengenai Microsoft Office Word. pada hari ini kami fokuskan untuk bagian Microsoft Office Word dan Excel. Kemudian pula kami juga fokuskan ke System Derectory seperti yang diatas tadi. 

Microsoft Office Word, Nah...beberapa pustakwan mungkin masih baru dengan hal ini pasalnya mereka masih mengunakan cara manual saat melakukan pekerjaannya ataupun mereka hanya fokus pada hal yang telah mereka bisa saat menggunakan Komputer sebagai alat bantu untuk mengolah Arsip dan Perpustakaa.

Nah akhirnya kami menjelaskan sekilas mengenai Microsoft Office Word, apa itu microsoft Office Word dan apa yang bisa dilakukan dengan aplikasi ini. Bagaimana cara memulai pembuatan dokumen baru dan bagaimana cara membuka file Dokumen yang telah dibuat. kemudian bagaimana cara untuk menyimpan dokumen. Setelah itu kami memulai dengan pengenalan Tool tool yang biasa digunakan di Microsoft Office Word.

Setelah itu pula kami menunjukan biasanya hal apa saja yang dilakukan saat membuat dokumen baru mengunakan Microsoft Office Word. Nah hal hal tersebut tentunya adalah tidak lepas dari Kertas yang akan digunakan dalam dokumen itu kemudian pengaturan jarak antar tepi kemudian orientasi yang digunakan dan juga ukuran kertas yang digunakan dalam dokumen.

F. Hasil yang didapat

  • Pustakawan mampu mengunakan kompter dan mampu mengoperasikan aplikasi Microsoft Office Word.

G. Temuan Masalah

  • Pustakawan masih awan tentang microsoft office.

I. Kesimpulan
Jadi pada hari ini kami sudah melakukan pelatihan tentang komputer dasar dan Microsoft Office Word.

J. Referensi

  • Buku Panduan Pengunaan Microsoft Office

No comments:

Post a Comment