Tuesday, September 11, 2018

Arsipus DailyLife | Day2 | Mukti911

A. Pendahuluan
Nah kali ini aku akan membagikan kegiatan ku seharian ini. Pada Rabu, 12 September 2018 ini aku ada kegiatan di kantor arsipus kab. Klaten. Nah ini hari kedua ku disana.

B. Latar Belakang
Melakukan Pelatihan tentang SLiMS pada Pustakawan yang ada di Arsipus Kab. Klaten.

C. Maksud & TujuanMemberikan Pelatihan tentang SLiMS, dimana agar pustakawan di Arsipus Kab. Klaten dapat mengoptimalkan penggunaan aplikasi SLiMS.

D. Waktu Pelaksanaan
  • 08:00 - 03:00
E. Pembahasan
Nah pada kali ini saya masih di Arsipus dengan agenda sama seperti dua hari sebelumnya. Nah pada hari ini aku dan Choirul datang ke Arsipus tidak bersama pak nungki tapi kami langsung kesana. Setelah kami izin dan laporan kegiatan kami selama hari kemari diarsipus kab klaten.

Hari ini pun masih sama karena kami belum melakukan pelatihan kami disuruh untuk menambahkan data buku eksemplar baru di SLiMS. Nah sama seperti angenda sebelumnya yaitu memebrikan pelatihan SLiMS ke Orang Arsipus Kab. Klaten kami menyiapkan lagi lebih matang.

Nah setelah itu pak samino juga memebrikan peintah ke kami untuk melakukan percobaaan pada server untuk perpuskaaan yang baru yaitu Inlislite v3. Inlislite v3 ini adalah aplikasi berbasis web yang dikembangkan oleh Perpusnas guna untuk memanagemen Pepustakaan. Nah Inlilite v3 ini adalah aplikasiyang dibangun berdasarkan Framework PHP yaitu Yii Framework. Nah untuk peryaratan yang dibtuhkan dari Inlislite ini adalah server yang mengunakan Versi PHP yait 5.6 dengan Mysql database yaitu Maria Db 10 atau lebih.

Setelah itu kami mencoba mencari beberapa referensi untuk pengunaan Inlislite dan bagaimana cara instalasinya. Dan akhirnya kami bisa melakukan instalasi dan konfigurasi dasar untuk Inlislite.
 

F. Hasil yang didapat
  • Dapat mengetahui bagaimana cara orang orang kerja di Arsipus dan Bagaimana untuk menyiapkan Presentasi aga terlihat lebih baik. Dan dapat meraskan langsung bagaimana meng input data eksemplar baru ke database SLiMS. 

G. Kesimpulan
  • Jadi dalam hal ini Kami sudah menyiapkan beberapa persiapan yang saya rasa cukup untuk digunakan untuk melakukan presentasi di Arsipus Kab. Klaten.
H. Referensi
  • -

No comments:

Post a Comment