Friday, September 7, 2018

Debian - Getting Started | Mukti911


A. Pendahuluan
Jadi aku akan menmberikan beberapa pengalamanku sebelum, ketika dan sesudah menggunakan Linux. Nah jadi berikut artikelnya.

B. Maksud dan Tujuan

  • Agar dapat mengetahui bagaimana langkah yang baik sebelum ketika dan sesudah mengunakan linux.

C. Latar Belakang

  • Karena ingin sharing, beberapa orang salah dalam mengaplikasikan pengunaan linux itu sendiri

D. Waktu Pelaksanaan

  • -

E. Pembahasan
Jadi saat telah melakukan putusan untuk menggunakan linux maka yang harus ada dipikiran adalah bagaimana menemukan distribusi yang cocok.
Catatan : Jika menginstall Liux di Komputer yang semula ber Sistem Operasi Windows, prosesnya tidak akan terlalu sulit ( Meskipun mungkin harus ada polesan dengan panduan instalasi yang telah diberikan pada artikel artikel sebelumnya ). Jika menginstall pada Mac atau Hackintosh, beberapa hal yang perlu ditambah. 
Tetapi bagaimana yang benar saat menginstall ? Disini, dapat dilihat ada beberapa tips dan trick. untuk membuat Live CD atau USB Drive, boot ke linux dan menginstalnya di sistem.

Oke lanjut... beberapa orang mungkin masih asing dengan Live CD dan Drive Partitioning sebelumnya atau sudah pernah mendengarnya. Beberapa hal ini akan dapat memandu unutk siap dan berjalan dengan Linux hanya dalam sedikit waktu. Langkah berikut inilah yang perlu diperhatikan, tetapi jika membaca ini, cukup hanya perlu sedikit berpengalaman dengan komputer untuk melakukan hal ini.

Burning a Live CD or USB Stick
Ada beberapa metode yang berbeda untuk menginstall Linux di komputer, tetapi umumnya, cara yang paling banyak adalah dengan mengunduh dan membakar CD langsung. Berikut cara melakukan pembuatan CD Installasi. Metode Live CD lebih mudah, jadi gunakan Netbook atau sebaliknya tidak dapat membakar CD kebanyakan.

hal yang perlu dilakukan adalah masuk ke halaman disribusi seperti Debian.... dan cari bagian unduhan. Sebagian besar website distribusi memudahkan pengguna untuk melakukan pengunduhan. Selain itu beberapa hosting unduhan yang digunakan oleh beberapa distribusi juga cepat ini adalah tautan alternatif. Jika tidak, mungkin dapat mengunduk=hnya lagsung dari situsnya.

Mungkin akan memiliki beberapa pilihan berbeda saat mengunduh. Sebagai contoh, beberapa distribusi memiliki versi yang dioptimalkan untuk netbook, sementara yang lain (seperti Ubuntu) akan menawarkan versi yang berbeda berdasarkan pada lingkungan desktop yang mereka gunakan. Dan, sebagian besar akan memiliki versi 32 dan 64-bit yang tersedia juga.

Secara umum, seharusnya tidak terlalu sulit untuk mencari tahu mana yang diinginkan. Jika ragu, cukup gunakan versi desktop 32-bit (kadang-kadang berlabel "i386").Setelah file .ISO  selesai diunduh, bukalah program pembakaran favorit dan bakar pengisap itu ke CD kosong. Ini cukup mudah dilakukan pada Windows 7. Setelah selesai membakar, restart komputer. Tunggu tombol "tekan sembarang tombol untuk boot dari CD", lalu tekan tombol. Setelah CD boot, itu akan memberi Anda pilihan untuk mencoba Linux atau menginstalnya. Lanjutkan dan klik instal. Namun jika Anda ingin mencobanya, cobalah akan dapat merasakan apa itu desktop. Ketika siap untuk menginstal, Anda biasanya dapat meluncurkan penginstal langsung dari desktop.

Metode USB Langsung
Metode Live USB membutuhkan Unetbootin yang disebutkan sebelumnya untuk Windows. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengunduhnya, memulai, dan  dapat mengatur semuanya dari dalam program. Pilih distribusi dari daftar (ingat untuk memilih versi yang tepat, seperti dijelaskan di atas), pilih huruf drive yang sesuai dengan thumb drive di bagian bawah, dan tekan OK. Jika Unetbootin tidak mencantumkan distribusinya, jika masih dapat mengunduh ISO seperti yang dijelaskan dalam metode CD langsung dan arahkan Unetbootin ke file itu.

Booting dari drive USB  akan mengambil beberapa langkah tambahan di atas metode CD langsung. Sementara komputer mungkin diatur untuk memeriksa drive CD untuk disk bootable, mungkin tidak diatur untuk memeriksa port USB. Jadi, dengan stik USB langsung yang baru pasang, nyalakan ulang komputer dan masuk ke pengaturan BIOS (biasanya dengan menekan tombol seperti Hapus saat pertama kali menyalakannya — layar splash komputer akan memberi tahu saat pertama kali menyalakan komputer) .

Kepala ke bagian "Boot" dari BIOS dan temukan bagian untuk mengubah urutan boot PC . lalu lakukan pemindahkan hard drive USB ke bagian atas daftar. Simpan pengaturan dan keluar dari BIOS. Ketika komputer  me-reboot, itu akan membawa ke menu Unetbootin, dari mana dapat boot ke sesi hidup Linux  (seperti yang dijelaskan dalam metode live CD).

Proses Instalasi
Proses instalasi akan sedikit berbeda untuk setiap distro, tetapi dalam pengaturan umum harus memandu Anda melalui langkah-langkah yang diperlukan dengan mudah. Dengan asumsi Anda menginstal Linux bersama OS lain seperti Windows, ada beberapa hal yang ingin Anda perhatikan.

Mempartisi Drive Anda
Ketika penginstal menanyakan di mana Anda ingin menginstal Linux,  harus mempartisi drive. Dalam telah melalui cara melakukan ini beberapa kali sebelumnya, dan biasanya cukup mudah untuk menambahkan partisi baru dari ruang kosong di drive.

Instalasi Ubuntu seharusnya mempartisi drive untuk secara otomatis, dan kecuali memiliki kebutuhan khusus (seperti jika berada di Mac), dapat masuk ke dalam instalasi tanpa masalah. Jika tidak, dapat diberikan alat partisi yang lebih canggih, dan harus membuat partisi sendiri. Jika ini yang terjadi, sebenarnya ingin membuat dua partisi baru. Salah satunya adalah untuk sistem operasi itu sendiri, yang saya format sebagai Ext4. Berikan setidaknya 10 GB ruang, dan atur titik mount sebagai /. akan ingin membuat partisi kedua untuk apa yang disebut ruang swap. Ini pada dasarnya membantu komputer mengelola memori secara lebih efektif dan membuatnya berjalan cepat. Jika memiliki sejumlah kecil ram (satu atau dua GB), akan ingin partisi swap menjadi dua kali lebih besar dari jumlah RAM yang dimiliki. Jika memiliki 3 GB atau lebih, mungkin bisa membuat partisi swap dengan ukuran yang sama dengan jumlah RAM yang dimiliki.

GRUB dan Bootloader Lainnya
Linux akan menginstal bootloader baru untuk yang bernama GRUB. Ini akan menggantikan bootloader normal dan memberi pilihan untuk memilih antara Windows dan Linux saat startup. Secara umum, tidak perlu melakukan apa pun di sini — kebanyakan distro akan menginstal GRUB secara default, dan seharusnya berfungsi dengan benar di luar kotak. Perhatikan bahwa pengguna Mac ingin menginstal GRUB di partisi Linux itu sendiri, dan pengguna Windows perlu berhati-hati karena jika menginstal ulang Windows, akan kehilangan GRUB dan harus menginstal ulang sendiri. Tentu saja, jika lebih suka sesuatu yang sedikit lebih cantik, dapat mengotak-atik Burg yang disebutkan sebelumnya, tetapi sebaiknya melakukan itu setelah menginstal dan menjalankan Linux.

Itu dia! Untuk boot ke partisi Linux yang baru pasang, hanya perlu me-restart komputer . Ketika melakukannya, itu akan membawa ke menu GRUB, yang akan membiarkan memilih apakah akan boot ke Linux atau Windows. Dari sana, dapat bermain-main dengan instalasi Linux baru . Ini mungkin akan datang dengan beberapa aplikasi yang diinstal, beberapa akan mengenali dan beberapa yang tidak Anda lakukan, dan dapat melihat-lihat dalam pengaturan dan melihat apa yang tersedia untuk . Jika beruntung, sebagian besar perangkat keras akan berfungsi. Jika tidak beruntung,  memiliki beberapa quirks dengan perangkat keras , dan jika benar-benar tidak beruntung, Wi-Fi tidak akan bekerja di luar kotak dan harus bekerja hanya untuk terhubung ke Internet. Untungnya, kita akan berbicara tentang menyiapkan perangkat keras Anda besok, jadi kembalilah bersama kami!

F. Hasil Yang Didapatkan

  • Memahami hal yang perlu dilakukan sebelum menginstall linux.

G. Kesimpulan
Jadi dalam hal ini hal yang perlu dipahami kita perlu menyiapkan bahan untuk melakukan instalasi sebagai mana mustinya yaitu mengunakan CD atau USB Drive.

H. Referensi



No comments:

Post a Comment