Tuesday, October 9, 2018

SIKD di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kab. Klaten | Pemabahan Fitur | Day2 | Mukti911




A. Pendahuluan
Pada kali ini aku akan share pengalamanku saat aku berada di dinas arsip dan perpustakaan. Nah disana aku sedang melakukan instalasi dan optimalisasi pengunaan aplikasi SIKD seperti minggu kemarin. Nah akan tetapi untuk minggu ini kami fokuskan untuk melakukan perubahan aplikasi nya dimana agar lebih sesuai dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan.

B. Latar Belakang
Karena aplikasi SIKD yang dibuat oleh ANRI ( Arsip Nasional Republik Indonesia ) untuk lembar cetak yang dicetak oleh aplikasi SIKD tidak sesuai ustdengan bentuk lembar cetakan dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten.

C. Maksud & Tujuan
Agar dapat menyesuaikan aplikasi seperti yang dibutuhkan di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Klaten.

D. Waktu Pelaksanaan 
  • 08:00 - 16:00 WIB
E. Pembahasan
Nah dihari kedua ini yang kami lakukan yaitu adalah melakukan pelaporan tentang hasil yang telah kami dapatkan selama sehari kemarin. Nah kemudian kami menunjukkan hasil yang telah kami lakukan.
 
Setelah itu kami mendapatkan beberapa koreksi untuk melakukan perbaikan disini maupun disana. yang paling banyak itu adalah pada bagian Front end-nya.
 
Kemudian itu pula setelah menyelesaikan hal hal yang telah dikoreksi oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan. kami diberi tugas tamabahan, nah apakah itu. Tugas yang kami dapatkan yaitu adalah membuat sebuah Tombol cetak surat kendali masuk dan surat kendali keluar seperti yang saya jelaskan di artikel sebelumnya.
 
Nahn untuk itu kami melakukan pembagian tugas lagi untuk tim kami seperti dihari sebelumnya tim ku tetap yaitu Aku ( Firmansyah Mukti Wijaya ) dan Temanku Choirul Septyono.
 
Tugas nya hampir sama kayak kemarin yaitu saya fokus untuk embuat tampilan tampilan yaitu dimana tugas itu disebut Front End dan tugas untuk pembuatan fungsinya yaitu dikerjakan oleh teman ku.

Untuk hari ini yang telah kami capai dalah membuat tampilannya untuk lembar surat kendali masuk dan surat kendali keluar untuk bentuk dan bagaimana hasil yang telah saya lakukan bisa dilihat di Github saya yaitu Mukti911.

F. Hasil yang di dapat 
  • Kami dapat melakukan tracking untuk sebuah aplikasi kemudian menambahkan / mengubah bentukan dari lembar disposisi.
  • Melakukan penambahan fitur aplikasi secara otodidak
  • mempelajari algoritma dan cara kerja aplikasi
G. Kesimpulan 
Jadi dalam penyesuaian aplikasi yang telah saya lakukan saya dapat menyimpukan ahwa dalam sebuah aplikasi pun butuh penyesuaian dalam konten yang akan disajikan.

H. Referensi 
  • Buku Manual SIKD

No comments:

Post a Comment