Monday, October 8, 2018

SIKD di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kab. Klaten | Penambahan Fitur | Day1 | Mukti911


A. Pendahuluan
Pada kali ini aku akan share pengalamanku saat aku berada di dinas arsip dan perpustakaan. Nah disana aku sedang melakukan instalasi dan optimalisasi pengunaan aplikasi SIKD seperti minggu kemarin. Nah akan tetapi untuk minggu ini kami fokuskan untuk melakukan perubahan aplikasi nya dimana agar lebih sesuai dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan.

B. Latar Belakang
Karena aplikasi SIKD yang dibuat oleh ANRI ( Arsip Nasional Republik Indonesia ) untuk lembar cetak yang dicetak oleh aplikasi SIKD tidak sesuai ustdengan bentuk lembar cetakan dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten.

C. Maksud & Tujuan
Agar dapat menyesuaikan aplikasi seperti yang dibutuhkan di DInas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Klaten.

D. Waktu Pelaksanaan
  •  08:00 - 16:00 WIB
E. Pembahasan
Pada hari ini adalah brefing pertama untuk bagaimana dan apa saja yang harus dilakukan dalam perubahan aplikasi SIKD ini sendiri. Nah pada awalnya untuk bagian SIKD. disini kami yaitu Firmansyah Mukti Wijaya ( Aku ) dan Choirul Septyono melakukan tanya jawab dulu mengenai permasalahan yang didapat oleh pihak arsip dan perpustakaan.

Hal yang dapat kami simpulkan dari apa yang diinginkan dan dijelaskan oleh pihak dinas Arspi dan Perpustakaan yaitu adalah dimana kami diminta untuk menyesuaikan layout bentuk lembar cetak dari Lembar Disposisi dahulu.

Kemudian untuk hal itu kami setelah itu melakukan koordinasi bersama dengan tim kami yaitu ya kami berdua yaitu Mukti dan Choirul. Kemudian kami mendapatkan kesepakatan dimana untuk melakukan perkerjaan tertentu. Yaitu pekerjaan saya sendiri yaitu adalah bagian Front End, dimana saya mengurusi untuk bagaimana bentuk tampilan akan disesuaikan dengan bentuk yang diinginkan piha perpustakaan.

Bentuk yang di minta kurang lebih seperti berikut ini :


Kemudian bentukan lembar disposisi sendiri dari aplikasi SIKD adalah seperti berikut ini :


Nah kemudian dari situ saya memulai tugas saya yaitu membuat bentukan seperti sedemikian rupa seperti dari lembar disposisi yang telah ada. kemudian saya membuatnya dengan bahasa pemrograman HTML CSS.

Untuk hasilnya kalian bisa liahat di akun Github saya yaitu Mukti911.

F. Hasil yang di dapat
  • Kami dapat melakukan tracking untuk sebuah aplikasi kemudian menambahkan / mengubah bentukan dari lembar disposisi.
G. Kesimpulan
 Jadi dalam penyesuaian aplikasi yang telah saya lakukan saya dapat menyimpukan ahwa dalam sebuah aplikasi pun butuh penyesuaian dalam konten yang akan disajikan.

H. Referensi 
  • Buku Manual SIKD

No comments:

Post a Comment