Wednesday, October 10, 2018

SIKD Di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kab. Klaten | Penambahan Fitur | Day 3 | Mukti911


A. Pendahuluan
Pada kali ini aku akan share pengalamanku saat aku berada di dinas arsip dan perpustakaan. Nah disana aku sedang melakukan instalasi dan optimalisasi pengunaan aplikasi SIKD seperti minggu kemarin. Nah akan tetapi untuk minggu ini kami fokuskan untuk melakukan perubahan aplikasi nya dimana agar lebih sesuai dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan.

B. Latar Belakang
Karena aplikasi SIKD yang dibuat oleh ANRI ( Arsip Nasional Republik Indonesia ) untuk lembar cetak yang dicetak oleh aplikasi SIKD tidak sesuai ustdengan bentuk lembar cetakan dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten.

C. Maksud & Tujuan
Agar dapat menyesuaikan aplikasi seperti yang dibutuhkan di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Klaten.

D. Waktu Pelaksanaan
  • 08:00 - 16:00 WIB
E. Pembahasan
Nah pada kali ini aku melakukan hal yang sama seperti yang kemarin yaitu melakukan penambahan fitur cetak untuk mencetakan surat kendali masuk dan surat kendali keluar.


Dimana surat ini nanti digunakan untuk kearsipan surat, nah kemarin saya sudah melakukan tugas sya yaitu melakukan pembuatan tatanan layout agar sesuai dengan lembar surat kendali masuk dan surat kendali keluar yang ada di Dinas Arsip dan Perpustakaan.

Nah tugasnya Choirul masih belum selesai dari harti kemarin, kenapa demikian wajar wajar saja kalau dia masih belum selesai karena kenapa unuk memahami aplikasi yang buka buatan sendiri itu cukup sulit.

Karena kenapa karena aplikasi itu kita tidak mengetahui bagaimana aplikasi in nbekerja dan masih banyak lagi. Nah dihari kemarin pencapaian dia adalah dia sudah mengerti alur kerja dari aplikasi ini.

kemudian untuk tujuannya hari ini kami menyingkronisasikan bentuk dari yang telah saya buat dengan tombol cetak yang tlah dibuat Choirul. Jelas saja untuk hari ini kami sudah mencapai keberhasilan untuk mengeluarkan tombol cetak kemudian mencetak data untuk surat kendali masuk dan keluar.

Akan tetapi permasalahannya untuk hal ini adalah kami tidak bisa melaporkan hasil yang telah kami lakukan selama disana maka dari itu kami memutuskan untuk melakukan pelaporan untuk besok harinya.




F. Hasil yang di dapat

  • Kami dapat melakukan tracking untuk sebuah aplikasi kemudian menambahkan / mengubah bentukan dari lembar disposisi.
  • Pembuatan tombol cetak untuk lembar Surat Kendali Masuk dan Keluar
G. Kesimpulan
Jadi dalam penyesuaian aplikasi yang telah saya lakukan saya dapat menyimpukan ahwa dalam sebuah aplikasi pun butuh penyesuaian dalam konten yang akan disajikan.

H. Referensi
  • Buku Manual SIKD

No comments:

Post a Comment