Thursday, June 21, 2018

Sisipkan Audio, Video & Object di HTML | Mukti911

A. Pendahuluan
Video dan Audio adalah bentuk informasi yang bisaanya mudah diresap. Nah dalam hal ini audio video juga bisa diterpkan dalam html.

B. Latar Belakang
Karena dalam vidoe dan adio adalah beberapa informasi yang biasa dicari pengunjung website.

C. Maksud dan Tujuan
Agar dapat memyisipkan file video dan audio di html..

D. Pembahasan
Multimedia di web adalah suara, musik, video, film, dan animasi.. Apa itu Multimedia? Multimedia hadir dalam berbagai format. Bisa hampir apa saja yang bisa Anda dengar atau lihat.Contoh yang sering ditemui: Gambar, musik, suara, video, rekaman, film, animasi, dan banyak lagi. Halaman web sering mengandung elemen multimedia dari berbagai jenis dan format maka dari itu .dalam website dapat menjadi sarana untuk men-share video. Fitur Multimedia ini berada pada HTML5 dan browseryang dapat mendukung adalah Browser Google Chrome, Mozila Firefox, Safari..Browser web pertama hanya mendukung teks saja, terbatas pada satu huruf dalam satu warna. Audio, video, dan animasi telah ditangani secara berbeda oleh peramban utama. Berbagai format telah didukung, dan beberapa format memerlukan program pembantu ekstra (plug-in) untuk berfungsi.

Format Video Yang didukung HTML5
  • MPEG .( mpg, mpeg ), MPEG. Dikembangkan oleh Kelompok Ahli Gambar Bergerak. Format video populer pertama di web. Dulu didukung oleh semua browser, tetapi tidak didukung di HTML5 (Lihat MP4).
  • AVI .( avi ), AVI (Audio Video Interleave). Dikembangkan oleh Microsoft. Biasa digunakan di kamera video dan perangkat keras TV. Berfungsi dengan baik di komputer Windows, tetapi tidak di browser web.
  • WMV ( .wmv ) WMV (Windows Media Video). Dikembangkan oleh Microsoft. Biasa digunakan di kamera video dan perangkat keras TV. Berfungsi dengan baik di komputer Windows, tetapi tidak di browser web.
  • QuickTime ( .mov ) QuickTime. Dikembangkan oleh Apple. Biasa digunakan di kamera video dan perangkat keras TV. Berfungsi dengan baik di komputer Apple, tetapi tidak di browser web. (Lihat MP4)
  • RealVideo ( .rm .ram ) RealVideo. Dikembangkan oleh Real Media untuk memungkinkan streaming video dengan bandwidth rendah. Ini masih digunakan untuk video online dan TV Internet, tetapi tidak diputar di browser web.
  • Flash ( .swf .flv ) Flash. Dikembangkan oleh Macromedia. Seringkali membutuhkan komponen tambahan (plug-in) untuk bermain di browser web.
  • Ogg ( .ogg ) Theora Ogg. Dikembangkan oleh Yayasan Xiph.Org. Didukung oleh HTML5.
  • WebM ( .webm ) WebM. Dikembangkan oleh raksasa web, Mozilla, Opera, Adobe, dan Google. Didukung oleh HTML5.
  • MPEG-4 atau MP4 ( .mp4 ) MP4. Dikembangkan oleh Kelompok Ahli Gambar Bergerak. Berdasarkan QuickTime. Umumnya digunakan di kamera video yang lebih baru dan perangkat keras TV. Didukung oleh semua browser HTML5. Disarankan oleh YouTube.

Elemen HTML <video>
Untuk menampilkan video dalam HTML, gunakan elemen <video>:
<video width="400" height="300" controls>
  <source src="video1.mp4" type="video/mp4">
</video>
Format Audio
MP3 adalah format terbaru untuk rekaman musik yang dikompresi. Istilah MP3 telah menjadi identik dengan musik digital.. Jika situs web kalian adalah tentang rekaman musik, MP3 adalah pilihannya.
  • MIDI ( .mid.midi ) MIDI (Alat Musik Antarmuka Digital). Format utama untuk semua perangkat musik elektronik seperti synthesizer dan kartu suara PC. File MIDI tidak mengandung suara, tetapi catatan digital yang dapat dimainkan oleh elektronik. Berfungsi dengan baik di semua komputer dan perangkat keras musik, tetapi tidak di peramban web.
  • RealAudio ( .rm .ram ) RealAudio. Dikembangkan oleh Real Media untuk memungkinkan streaming audio dengan bandwidth rendah. Tidak bermain di browser web.
  • WMA ( .wma ) WMA (Windows Media Audio). Dikembangkan oleh Microsoft. Biasa digunakan di pemutar musik. Berfungsi dengan baik di komputer Windows, tetapi tidak di browser web.
  • AAC ( .aac ) AAC (Advanced Audio Coding). Dikembangkan oleh Apple sebagai format default untuk iTunes. Berfungsi dengan baik di komputer Apple, tetapi tidak di browser web.
  • WAV ( .wav ) WAV. Dikembangkan oleh IBM dan Microsoft. Berfungsi dengan baik pada sistem operasi Windows, Macintosh, dan Linux. Didukung oleh HTML5.
  • Ogg ( .ogg ) Ogg. Dikembangkan oleh Yayasan Xiph.Org. Didukung oleh HTML5.
  • MP3 ( .mp3 ) file MP3 sebenarnya adalah bagian suara file MPEG. MP3 adalah format paling populer untuk pemutar musik. Menggabungkan kompresi yang baik (file kecil) dengan kualitas tinggi. Didukung oleh semua browser.
  • MP4 ( .mp4 ) MP4 adalah format video, tetapi juga dapat digunakan untuk audio. Video MP4 adalah format video yang akan datang di internet. Ini mengarah pada dukungan otomatis untuk audio MP4 oleh semua browser.

Elemen HTML <audio>
Untuk memutar file audio dalam HTML, gunakan elemen <audio>:
<audio controls>
  <source src="horse.mp3" type="audio/mpeg">
</audio>
Tujuan dari plug-in adalah untuk memperluas fungsionalitas dari suatu browser web. Pembantu HTML (Plug-in). Aplikasi pembantu (plug-in) adalah program komputer yang memperluas fungsi standar browser web. Contoh dari plug-in yang terkenal adalah applet Java. Plug-in dapat ditambahkan ke halaman web dengan tag <object> atau tag <embed>. Plug-in dapat digunakan untuk banyak tujuan: menampilkan peta, memindai virus, memverifikasi ID bank Anda, dll.

Elemen <object>
Elemen <object> didukung oleh semua browser. Elemen <object> mendefinisikan objek tertanam dalam dokumen HTML. Ini digunakan untuk menanamkan plug-in (seperti applet Java, pembaca PDF, Flash Players) di halaman web.
Contoh :
<object width="400" height="50" data="bookmark.swf"></object>
<object width="100%" height="500px" data="snippet.html"></object>
<object data="audi.jpeg"></object>
Elemen <embed>
Elemen <embed> didukung di semua browser utama. Elemen <embed> juga mendefinisikan objek tertanam dalam dokumen HTML. Browser web telah mendukung elemen <embed> untuk waktu yang lama. Namun, itu belum menjadi bagian dari spesifikasi HTML sebelum HTML5.
<embed width="400" height="50" src="bookmark.swf">
<embed width="100%" height="500px" src="snippet.html">
<embed src="audi.jpeg">
E. Kesimpulan
Jadi menyisipkan video dan  audio di html dapat dilakukan namun dalam beberapa format vidieo dan audio tidak dapat di sisipkan di html .

F. Referensi
  • www.tutorialspoint.com
  • www.w3schools.com
  • www.nurulimam.com
  • www.id.wikipedia.org
  • www.duniailkom.com
  • www.codepolitan.com

No comments:

Post a Comment