Thursday, June 14, 2018

Media Penyimpanan & Metode Installasi RouterOS MikroTik | Mukti911


A. Pendahuluan

Dalam Installasi RouterOS dapat dilakukan dengan bebrapa media penyimpanan, dalam hal ini mungkin beberapa perangkat ada yang tidak kompatibel dengan beberapa media penyimpanan.  

B. Latar Belakang

Karena beberapa perangkat yang hanya bisa kompatibel dengan beberapa media penyimpanan saja. 

C. Maksud dan Tujuan

Sebagai materi untuk menambah wawasan tentang dasar-dasar mengenai MikroTik RouterOS.

D. Pembahasan

RouterOS mungkin para administrator sudah tahu apa itu RouterOS tapi beberapa ada yang kurang tahu. RouterOS merupakan sistem operasi yang diperuntukkan sebagai network router. MikroTik routerOS sendiri adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless. Fitur-fitur tersebut diantaranya: Firewall & Nat, Routing, Hotspot, Point to Point Tunneling Protocol, DNS server, DHCP server, Hotspot, dan masih banyak lagi fitur lainnya. MikroTik routerOS merupakan sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router.

Nah, lalu bagaimana dengan media penyimpanan yang dapat digunakan oleh RouterOS. RouterOS dapat menggunakan media penyimpanan sebagai berikut :
  • Media Installasi (Penyimpan) Mikrotik RouterOS
    • Harddisk, adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. RouterOS dapat menggunakan ini namun jika menggunakan harddisk menurut aku hanya akan menghabiskan uang karena  ukuran file router os tidak cukup besar tetapi malah mengunakan media harddisk yang kapasitasnya berkali kali lipat.
    • FlashDisk, alat penyimpanan data memori kilat tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash Drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Aku menyarankan ini untuk media penyimpanan routerOS karena kapasitasnya yang cukup untuk file RouterOS. Namun komputer harus bisa booting dari USB (setting BIOS)
    • DOM (Disk On Module)
      • SATA DOM (coming soon on mikrotik.co.id)
    • Routerboard
  • Install Offline
    • CD, Unduh instalasi CD Image dari halaman unduh MikroTik, Bakar image ISO ke disk, Anda perlu PC dengan CD-ROM dan aplikasi untuk menulis file ISO ke CD. Untuk Linux (rilis Ubuntu terbaru) Anda dapat menggunakan aplikasi built-in. Klik kanan mouse pada file .iso dan tentukan 'Write to Disk'. Anda memiliki disk instalasi MikroTik RouterOS setelah proses selesai.
    • Fdisk, Metode ini membutuhkan aplikasi Rufus yang tersedia, dan pastikan untuk mendapatkan versi terbaru. Jalankan program dan masukkan USB flash drive ke komputer Anda. Sebelum menggunakan USB flash drive ini, Anda sebaiknya menyimpan atau mencadangkan data di dalamnya. Anda akan menemukan opsi pada antarmuka Rufus. Selama proses ini, Anda harus memilih USB Anda di bawah menu "Drive".ou kemudian diminta untuk memilih "skema partisi MRB untuk BIOS atau UEFI komputer" atau "skema partisi GPT untuk komputer UFEL". Pilihannya tergantung pada jenis partisi di komputer kalian.Opsi default tidak perlu diubah, dan untuk menetapkan "Buat disk yang dapat di-boot menggunakan" dan "Gambar ISO". Kemudian klik ikon disk untuk membuka file ISO Router OS kalian, dan klik "Start" untuk menulis USB flash drive yang dapat di-boot.Seluruh prosesnya bisa mudah dioperasikan, bahkan untuk tangan hijau, tidak akan banyak waktu untuk memahaminya. Namun, sebagai alat gratis, Rufus sekarang juga bertemu dengan beberapa masalah, seperti informasi jumlah hash untuk file instalasi tidak disediakan, dan pengguna bisa mendapatkan beberapa alternatif Rufus lain sesuka mereka.
    • Netinstall
    • Via network using NetInstall program. Netinstall adalah alat yang dirancang untuk sistem operasi Windows untuk menginstal ulang perangkat MikroTik yang menjalankan RouterOS (kecuali untuk perangkat non-MikroTik x86). Netinstall akan memformat ulang disk perangkat dan menyalin file baru ke disk sistem, ini dapat menyelesaikan banyak masalah saat perangkatkalian tidak berfungsi dengan benar.
    • For PC Router (Fresh-Install / Re-Install), Install ulang PC Router.

E. Kesimpulan

Jadi routerOS dapat disimpan dalam beberapa media penyimpanan dan saat installasi dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan jaringan dan media penyimpanan.

F. Referensi
  • Buku Modul MikroTik.
  • MikroTik.co.id


No comments:

Post a Comment