Friday, June 8, 2018

Apa sebenarnya itu PAN, LAN, MAN, dan WAN ? | Mukti911

 A. Pendahuluan

Dalam dunia teknologi, khususnya komputer atau laptop pasti memerlukan sebuah koneksi. Hal ini banyak sekali ragamnya dan terkadang, tidak semua paham mengenai jaringan pada komputer. Maka dari itu saya memberikan pengertian tentang apa itu arti dari LAN, WAN, MAN. Sehingga, kalian mengerti apa perbedaan dari masing-masing itu semua.

B. Latar Belakang
Dikarenakan dalam dalam pembuatan jaringan harus paham mengenai jangkauan yang dibutuhkan dalam pembuatan jaringan tersebut.

C. Maksud dan Tujuan

Agar dapat mengetahui, memahami dan menerapkan LAN, MAN, WAN.

D. Pembahasan
PAN adalah sebuah jaringan yang digunakan untuk personal dan memiliki rentan jarak sekitar 10 meter. Teknologi ini digunakan untuk membuat sebuah jaringan pribadi. Contoh yang konkret adalah Bluetooth yang biasa digunakan di smartphone, laptop, tablet, dan perangkat lainnya.
PAN

LAN adalah bentuk dari jaringan komputer yang sudah diketahui secara umum. Jaringan ini memiliki jangkauan yang terbatas, mungkin hanya sebatas satu rumah atau satu gedung. Maka dari itu, biasanya LAN menggunakan kabel ethernet yang tersambung ke komputer atau laptop.
LAN

  • Keuntungan dari penggunaan Jenis Jaringan Komputer LAN seperti lebih irit dalam pengeluaran biaya operasional, lebih irit dalam penggunaan kabel, transfer data antar node dan komputer labih cepat karena mencakup wilayah yang sempit atau lokal, dan tidak memerlukan operator telekomunikasi untuk membuat sebuah jaringan LAN.
  • Kerugian dari penggunaan Jenis Jaringan LAN adalah cakupan wilayah jaringan lebih sempit sehingga untuk berkomunikasi ke luar jaringan menjadi lebih sulit dan area cakupan transfer data tidak begitu luas.
MAN merupakan sebuah jaringan yang meng-cover area lebih besar daripada jaringan LAN atau CAN. Bahkan, MAN itu bisa digunakan untuk terhubung ke beberapa LAN sekaligus yang bisa menembus sebuah kota atau area metro yang luas.
MAN
  • Keuntungan dari Jenis Jaringan Komputer MAN ini diantaranya adalah cakupan wilayah jaringan lebih luas sehingga untuk berkomunikasi menjadi lebih efisien, mempermudah dalam hal berbisnis, dan juga keamanan dalam jaringan menjadi lebih baik.
  • Kerugian dari Jenis Jaringan Komputer MAN seperti lebih banyak menggunakan biaya operasional, dapat menjadi target operasi oleh para Cracker untuk mengambil keuntungan pribadi, dan untuk memperbaiki jaringan MAN diperlukan waktu yang cukup lama.
WAN adalah jaringan yang mencakup area yang luas. Bahkan, cakupannya bisa mencapai rumah, kantor, kota, bahkan negara. Jadi, modem atau router yang terpasang dalam rumah kamu itu terkoneksi oleh WAN. Contohnya adalah 4G LTE, Fiber optic, dan lainnya.
WAN
  • Keuntungan Jenis Jaringan Komputer WAN seperti cakupan wilayah jaringannya lebih luas dari Jenis Jaringan Komputer LAN dan MAN, tukar-menukar informasi menjadi lebih rahasia dan terarah karena untuk berkomunikasi dari suatu negara dengan negara yang lainnya memerlukan keamanan yang lebih, dan juga lebih mudah dalam mengembangkan serta mempermudah dalam hal bisnis.
  • Kerugian dari Jenis Jaringan WAN seperti biaya operasional yang dibutuhkan menjadi lebih banyak, sangat rentan terhadap bahaya pencurian data-data penting, perawatan untuk jaringan WAN menjadi lebih berat.
E. Hasil yang Didapat

Dapat mengetahui a mengetahui, memahami dan menerapkan LAN, MAN, WAN.

F. Kesimpulan

      Jadi dalam membangun sebuah jaringan harus memikirkan dahulu seberapa jauh jaringan ini dibuat. Maka dari itu harus memahami LAN, MAN, WAN.

G. Referensi
  • Buku Jaringan Dasar


No comments:

Post a Comment