Monday, July 16, 2018

DayliLife46 | Training MTCNA & MTCRE | #Day1 | BLCTelkom


Assalamu'alaikum Wr. Wb.


A.   Pendahuluan
Pada hari ini aku kedatangan seseorang dari MikroTik yaitu Pak Ziad Sobri. Nah beliau datang ke BLC Telkom Klaten untuk men-training teman teman yang prakerin di BLC Telkom dan Guru guru yang ingin melakukan Sertifikasi MikroTik. Beliau men-training dan mengadakan sertifikasi MTCNA dan MTCRE. 

B.   Waktu Pelaksanaan
  • 08:00 - 12:00 < Training
  • 12:00 - 13:00 < Istirahat
  • 13:00 - 16:00 < Training
  • 16:00 - 16:30 < Istirahat
  • 16:30 - 17:30 < Training
  • 17:30 - 20:00 < istirahat
  • 20:00 - 22:00 < Training 
C.  Hal Yang Disampaikan
Nah pada hari ini Pak Ziad Sobri menjelaskan beberapa hal berikut ini yaitu : MikroTik, Produk Mikrotik, Sertifikasi MikroTik, Lisensi MikroTik, RouterBoard, RouterOS, Winbox, Cara Akses Router OS dan masih banyak lagi.

Pertama beliau menjelaskan mengenai apa itu MikroTik, Router OS, RouterBoard. Beliau menjalaskan bahwa MikroTik adalah sebuah perusahaan yang pada awalnya berfokus untuk mengembangkan sofware yang diperuntukkkan untuk memanagemen sebuah jaringan dan server nama sofware itu adalah Router OS. Nah Lalu selang beberapa tahun MikroTik berinisiatif untuk membuat sebuah perangkat yang sudah terintregasi Router OS yaitu RouterBoard.

Lalu beliau juga menjelaskan produk produk yang buat oleh MikroTik. Nah lalu beliau juga bilang bahwa kita juga dapat berkontribusi dalam perangkat ataupun aksesoris lainnya yang kompatibel dengan perangkat buatan MikroTik. 

Nah yang paling penting yaitu Sertifikasi MikroTik. Sertifikasi yang aku ikuti yaitu MTCNA dan MTCRE Sertifikasi mikrotik merupakan salah satu cara untuk menunjukkan bahwa kalian bisa menggunakan perangkat mikrotik dengan baik dan sudah teruji. Untuk cabang cabang sertifikasi ada 7 cabang dengan struktur 1 sertifikasi dasar, 5 sertifikasi menengah dan 1 sertifikasi advanced. Pada hari ini kami menjalani training sertifikasi MTCNA bersama Pak Ziad Sobri di BLC Telkom Klaten.

Nah lalu beliau juga menjelaskan bahwa MikroTik mempunyai beberapa lisensi yang diperuntukan untuk RouterOS. RouterOS memiliki beberapa tingkatan level lisensi.

Pak Ziad Sobri pada hari ini  membahas outline MTCNA yang bisa anda unduh di https://mikrotik.com/training/about dan kalian cari pada Mikrotik certified training programs dan anda akan melihat link untuk mengunduh outline yang berisi kisi-kisi atau materi apa saja yang akan dibahas dan diujikan sesuai dengan training yang dijalani. Jadi kalian dapat mempelajari dulu apa yang aka dilakukan selama Training MTCNA.

Sebelum masuk ke materi pembahasan MTCNA, Pak Ziad mengadakan pre test untuk mengetes apakah sudah cukup atau belum pengetahuan dasar untuk mengikuti tes MTCNA. Setelah melewati tes dan mengetahui hasil apa yang didapat, beliau melanjutkan untuk mereview soal dan bagaimana cara menjawab pertanyaan yang akan diujikan nanti. Beliau mengatakan untuk lulus ujian MTCNA anda diharuskan mendapat nila 60% keatas dan jika anda memiliki nilai 50-59 % maka anda mendapatkan kesempatan kedua untuk memulai tes lagi tetapi soal kemungkinan akan lebih sulit dibanding soal sebelumnya. Selain pre test beliau juga menjelaskan tentang training mikrotik yang bisa dilakukan oleh semua orang.

Setelah pengenalan perangkat mikrotik, kami diberi materi tentang bagaimana cara mengakses mikrotik dengan berbagai cara dan bagaimana mengamankan sebuah perangkat mikrotik. Untuk mengakses perangkat MikroTik terdapat beberapa cara seperti menggunakan winbox, telnet, ssh, webfig, MAC telnet dan cara yang cukup menarik adalah dengan menggunakan aplikasi tik app yang bisa kalian gunakan untuk meremote perangkat mikrotik menggunakan Smartphone andorid kalian.

Pengamanan mikrotik juga salah satu hal penting untuk menjaga mikrotik dari serangan dari orang yang tidak bertanggung jawabiad bercerita ada sebuah serangan hacker yang menyerang mikrotik karena kurangnya pengamanan di mikrotik karena biasanya seorang admin hanya mengganti user dan password untuk masuk ke mikrotik untuk keamanan padahal itu masih kurang aman. untuk pengamanan dasar di perangkat mikrotik adalah dengan mengganti user dan password, matikan service yang tidak dibutuhkan dan mengubah port number dari service yang diberikan, mengonfigurasi MAC server agar bisa digunakan oleh beberapa saja, mematikan MNDP.

Pada sesi selanjutnya pak Ziad meminta kita untuk membuat sebuah kelompok untuk membuat sebuah jaringan kecil dengan 1 ISP dengan beberapa Client. Pengaturan yang diubah konfigurasinya adalah pada bagian IP address untuk menuju client, kemudian meminta sebuah DHCP ke internet dengan menggunakan IP>DHCP Client, kemudian membuat sebuah interface access point untuk menyebarkan internet ke Client dan lain sebagainya sampai jadi sebuah gateway router dengan menggunakan perangkat mikrotik dan semua konfigurasi masih sangat dasar dan menggunakan IP staticbelum menggunakan DHCP server dan pada materi DHCP server dan ARP dibahas pada sesi malam.

D.   Penutup
Sekian beberapa hal yang dapat saya sharing ke kalian bila kalian ada pertanyaan silahkan tanyakan ke email saya atau comment dibawah.


Wassamu'alaikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment