Monday, July 2, 2018

Cara Kenali Dirimu Sendiri, agar Hidupmu Lebih Baik | #EmangBisa? | Mukti911

A. Pendahuluan
Apakah kalian sesekali pernah meluangkan waktu sejenak untuk mencari info info mengenai siapa dirimu sebenarnya?. Mungkin dari kalian yang baca artikel ini karena mengalami dilema mendalam. Dilema dilema itu didapat dari diri hingga mengenai tuhannya.

B. Latar Belakang
Karena tahu diri dapat menjadi potensi mengetahui bagaimana dirimu dimasa depan pekerjaan-kah, jodoh-kah dan lain lain. kalian mungkin akan dapat jawabanya jika kalian mengenali diri kalian.

C. Maksud dan Tujuan
Untuk orang orang yang lagi binggung mau melakukan apa dan apa yang mungkin bisa dilakukan untuk hari esok yang akan tiba.

D. Pembahasan
Mungkin sudah ribuan kali kita dinasehati untuk mengenali diri sendiri. Namun mungkin dari kalian ada yang masih binggung bagaiman caranya dan langkah seperti apa yang terbaik. Nah itu masih menjadi misteri hingga sekarang. Biasanya dari kalian yang dinasihati hanya akan menjadikan nasihat yang kita bicarakan tadi bagaikan angin yang berhembus begitu saja. Padaha jika  kita dapat mengetahui Siapa sebernarnya kita dan untuk apa kita diciptakan, maka hasilnnya kita akan mendapatkan jalan menuju kesuksessan dan kebahagiaan yang haqiqi.

Berikut adalah cara terbaik utuk menemukan jati diri kalian adalah dengan bertanya, bertanya adalah trik yang paling ampuh karena pertanyaan sebodoh apapun yang ditanyakan maka otak akan selalu mencari jawabannya perlahan-lahan, karena itu mengapa tidak bertanya kepada diri sendiri, dan mengenal diri Anda lebih dalam. Tidak usah berpikir muluk-muluk, tulis saja apapun yang muncul pertama kali dipikiran Anda saat mendengar pertanyaan dibawah (spontan), tidak ada jawaban yang benar atau salah, jangan menjawab dengan “saya tidak tahu”, jawablah saja apapun itu.

Jawablah 15 pertanyaan berikut:
  • Apa kelebihan saya?
  • Apa kekurangan saya?
  • Apa yang saya suka?
  • Apa yang saya tidak suka?
  • Apa yang paling penting bagi hidup saya?
  • Siapa orang yang paling penting dalam hidup saya?
  • Apa arti kesuksesan bagi saya?
  • Apa yang membuat saya bahagia?
  • Apa yang membuat saya tidak bahagia?
  • Siapa seseorang atau figur yang saya anggap sebagai pahlawan (your hero)?
  • Saya adalah orang yang …
  • Saya ingin menjadi orang yang …
  • Saya ingin orang lain menganggap saya sebagai orang yang …
  • Apa yang membuat saya takut?
  • Kenapa saya tidak bisa mendapatkan apa yang saya inginkan?
  • Ok saya sudah menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas, jadi apa yang harus saya lakukan selanjutnya?

Simpel sekali, lakukanlah apa yang membuat kalian bahagia, gunakan kelebihan kalian sesering mungkin, hindari hal-hal yang membuat kalian tidak bahagia, hindari perbaiki kelemahan kalian jika bisa namun jika tidak bisa hindari hal tersebut, dan itulah arti dari mengenal diri sendiri.

Belajar sesuatu tentang karakter diri sendiri selalu menyenangkan. Mengerti fakta psikologi soal perilaku dan kebiasaan kita, bisa menjadi hal yang menghibur dan mengedukasi. Nah, tahu gak sih kalau di balik kebiasaan kita ternyata ada maknanya lho. Dan ini 25 fakta psikologis yang bisa membantu kita untuk mengenali karakter diri sendiri dan orang lain. Simak ya!
  • Setiap persahabatan yang dijalin pada usia 18 hingga 28 tahun lebih berpeluang untuk awet selamanya.
  • Wanita pada umumnya lebih menyukai pria dengan suara yang serak karena terdengar lebih percaya diri, maskulin dan agresif.
  • Orang yang memberikan nasihat terbaik biasanya adalah pihak yang paling banyak memiliki masalah.
  • Semakin cerdas seseorang, semakin cepat cara berpikirnya, dan akan semakin berantakan tulisannya.
  • Emosi kita tak memengaruhi cara kita berkomunikasi. Malah cara kita berkomunikasi memiliki pengaruh pada suasana hati kita.
  • Cara seseorang memperlakukan pegawai restoran mencerminkan karakternya.
  • Orang yang mudah merasa bersalah lebih mampu mengerti pikiran dan perasaan orang lain.
  • Pria tak lebih lucu dari wanita: mereka hanya sering berkelakar, tak peduli apakah orang lain menyukai gurauan mereka atau tidak.
  • Orang pemalu jarang membicarakan diri mereka, karena mereka ingin membuat orang lain merasa dimengerti.
  • Wanita memiliki reseptor rasa sakit dua kali lebih banyak di tubuh mereka daripada pria, dan juga mampu menoleransi rasa sakit lebih besar daripada pria.
  • Mendengarkan musik dengan frekuensi tinggi membuatmu lebih kalem, tenang dan senang.
  • Jika kamu tak bisa berhenti berpikir pada malam hari, bangun dan menulislah. Ini akan membantumu untuk tidur lebih cepat.
  • SMS "Selamat pagi" dan "Selamat tidur" akan mengaktifkan salah satu bagian otak yang bertugas membuat kita untuk merasa bahagia.
  • Melakukan hal yang membuatmu takut sebenarnya bisa membahagiakanmu.
  • Waktu rata-rata seorang wanita bisa menjaga rahasia adalah selama 47 jam 15 menit. Setelah itu...
  • Orang yang selalu berusaha menyenangkan orang lain biasanya adalah yang paling merasa sendiri.
  • Semakin bahagia kita, maka akan semakin sedikit waktu yang kita habiskan untuk tidur.
  • Ketika kamu menggandeng tangan orang yang kamu sayang, rasa sakit yang kamu rasa akan berkurang dan kegelisahanmu akan menghilang.
  • Orang cerdas biasanya tak memiliki banyak teman dibandingkan orang biasa. Semakin cerdas seseorang, maka akan semakin selektif ia dalam memilih teman.
  • Menikahi sahabat baikmu akan mengurangi resiko perceraian hingga 70 persen dan biasanya akan langgeng selamanya.
  • Wanita yang punya teman pria lebih banyak biasanya lebih sering memiliki suasana hati yang baik.
  • Orang yang bisa dua bahasa atau lebih bisa saja tanpa sadar mengubah kepribadian mereka ketika berganti bahasa.
  • Sendirian dalam waktu yang lama sama buruknya dengan merokok 15 batang rokok per hari.
  • Traveling akan menyehatkan otak dan menurunkan resiko serangan jantung dan depresi.
  • Orang akan lebih aktraktif ketika membicarakan hal yang benar-benar mereka minati.
E. Kesimpulan
Jadi jika kalian ingin mengetahui bagaimana dan apa, siapa diri kita ? tanyakanlah pada dirimu sendiri, resapi jawaban kalian lalu lakukan apa yang menjadi jawaban dari pertayaan kalian tadi.

F. Referensi

No comments:

Post a Comment