Tuesday, July 24, 2018

PHP Again > Penulisan PHP, Cara Jalankan PHP, Input PHP ke HTML, Coment PHP | #2 | Mukti911

A. Pendahuluan
Pada artikel kali ini aku akan share mengenai bagaimana cara penulisan PHP, Cara Jalankan PHP, Input PHP ke HTML. Nah pada artikel sebelumnya kita kan sudah membahas mengenai Pengertia, Fungsi, dan Sejarah.

B. Latar Belakang
Beberapa orang mungkin kurang mengerti megenai PHP.

C. Maksud & Tujuan
Agar dapat melakukan penulisan koding PHP yang benar, lalu cara menjalankan file PHP, Cara input PHP ke HTML.

D. Waktu Pelaksanaan
  • 15 Menit tergantung individu
E. Pembahasan
Nah pernahkah kalian berfikir bagaimana cara memulai untuk membuat sebuah koding PHP. Temukan host web dengan dukungan PHP dan MySQL Instal server web pada PC Anda sendiri, lalu instal PHP dan MySQL.

Gunakan Web Host Dengan Dukungan PHP. Jika server kalian telah mengaktifkan dukungan untuk PHP, kalian tidak perlu melakukan apa pun. Cukup buat beberapa file .php, letakkan di direktori web kalian, dan server akan secara otomatis menguraikannya untuk kalian. Anda tidak perlu mengkompilasi apa pun atau memasang alat tambahan apa pun. Karena PHP gratis, sebagian besar web host menawarkan dukungan PHP. Mengatur PHP di PC Anda Sendiri Namun, jika server Anda tidak mendukung PHP, Anda harus:
  • menginstal server web
  • instal PHP
  • menginstal database, seperti MySQL
Sebelum melonjak ke hal diatas aku akan menjelaskan bagaiman cara penulisan koding PHP. lalu bagaimana cara menjalankannya. Hal yang dilakukan pertama yaitu siapkan webserver lalu pastikan server kalian sudah terinstall PHP. jika sudah buat file dengan ekstensi .php .

Nah sebelum lanjut aku menekankan mungkin kalian harus belajar dasar dasar dari HTML, CSS, Javascript. Nah kalian dapat belajar di website www.w3school.com. Nah kenapa demikian karena kalian akan membuat halaman website. Tentunya kalian karu paham dulu minimal HTML dan CSS.

Lalu sebelum kita membahas lebih jauh mari kita bahas lagi Apa itu PHP?. PHP sendiri adalah singkatan dari PHP: Hypertext Preprocessor. Tapi sebenarnya PHP ini singkatan dari Personal Home Page. Nah dimana PHP ini adalah bahasa yang paling banyak digunakan pada saat ini pada Server. Dan Juga PHP gratis dapat diunduh di website resminya ( www.php.net ).

Tentu kalian tidak menyangka apa yang dapat dilakukan oleh PHP. Nah kita ambil contoh saja yaitu WordPress dan Facebook nah kenapa demikian mungkin kalian tidak menyadari ternyata inti dari website WordPress mengunakan bahasa PHP. Lalu bagaimana dengan Facebook, demikian pula dengan Facebook ternyata jejaring sosial sebesar itu dijalankan oleh koding PHP.

Lalu bagaiman dengan FIle dari PHP. Nah file pada PHP dapat menampung kodingan lain seperti HTML, CSS, Javascript, Dan Kode PHP sendiri. Nah selanjutnya lalu bagaimana PHP bekerja, Kita ambil contoh Kita mengakses website Facebook nah yang pertama kali yang dilakukan yaitu user request data ke server database lalu data diambil lalu dikembalikan ke user penguna dalam bentuk halaman web.

Lalu apa yang istimewa dari PHP?Apa yang dapat dilakukannya. Nah PHP ini adapat menghasilkan konten halaman yang lebih dinamis, lalu dapat melakukan membuat, membuka, membaca, menulis, menghapus, dan menutup file di server. Lalu PHP juga dapat mengumpulkan dari input-an data formulir.  Dapat mengirim dan menerima cookie. PHP juga dapat menambah, menghapus, memodifikasi data dalam database kalian. PHP dapat digunakan untuk mengontrol akses pengguna
PHP dapat mengenkripsi data. Dengan PHP Anda tidak terbatas pada output HTML. Anda dapat menampilkan gambar, file PDF, dan bahkan film Flash. Anda juga dapat menampilkan teks apa pun, seperti XHTML dan XML.

Nah lalu bagaimana sebenarnya koding PHP. Nah sintaks dasar dari PHP dapat kalian tempatkan dimana saja. Sintaks PHP Dasar. Skrip PHP dimulai dengan <? Php dan diakhiri dengan?>:
<? php
// kode PHP ada di sini
?>
Nah lalu simpan di databse server lalu simpan dengan ekstensi file default untuk file PHP adalah ".php". File PHP biasanya berisi tag HTML, dan beberapa kode skrip PHP. Di bawah ini, kami memiliki contoh file PHP sederhana, dengan skrip PHP yang menggunakan fungsi PHP "echo" built-in untuk menampilkan teks "Hello World!" di halaman web:

<!DOCTYPE html>
<html>
<body>
<h1>Mukti911</h1>
<?php
echo "Hello World!";
?>

</body>
</html>
Pernyataan PHP diakhiri dengan titik koma (;). Jadi jika kalian membuat sebuah pernyataan harus di akhiri dengan ttik koma ( ; ). Komentar dalam PHP Komentar dalam kode PHP adalah garis yang tidak dibaca / dijalankan sebagai bagian dari program. Satu-satunya tujuan adalah untuk dibaca oleh seseorang yang melihat kode itu.

Komentar dapat digunakan untuk:

  • Biarkan orang lain memahami apa yang kalian lakukan
  • Ingatkan diri kalian tentang apa yang kalian lakukan - Sebagian besar programmer telah mengalami kembali ke pekerjaan mereka satu atau dua tahun kemudian dan harus mencari tahu apa yang mereka lakukan. Komentar dapat mengingatkan kalian tentang apa yang kalian pikirkan ketika kalian menulis kode.

PHP mendukung beberapa cara berkomentar:
<! DOCTYPE html>
<html>
<body>

<? php
// Ini adalah komentar satu baris
# Ini juga komentar satu baris
/ *
Ini adalah blok komentar multi-baris
yang membentang berkali-kali
garis
* /
echo "Heloo World";
?>
</ body>

</ html>

H. Hasil yang didapat

  • Dapat memahami dasar dasar dari PHP

I. Kesimpulan
Nah dalam koding PHP lebih simple ketimbang kodingan untuk server lainnya. mengapa demikian dalam PHP mengunakan bahasa yang bisa dinalar oleh orang yang kurang bisa dalam bahasa inggris pun.

J. Referensi

No comments:

Post a Comment