Thursday, August 30, 2018

SLiMS - Getting Started - Holiday Configuration | #6 | Mukti911


A. Pendahuluan
Nah setelah ini kita akan menjalankan konfigurasi untuk mengatur penjadwalah hari libur. Nah kali ini aku akan membuat jadwal hari libur untuk perpustakaan.

B. Latar Belakang
Penjadawalan perpustakaan sangat penting sekali bagi managemen sikulasi dan inventarisasi.

C. Maksud & Tujuan
Agar dapat melakukan penjadwlan hari libur di SLiMS

D. Waktu Pelaksanaan

  • Tergantung individu masing masing

E. Pembahasan
Nah penjadwalah pada SLiMS sagat berguna sekali kenapa demikian karena penjadwalan juga berpengaruh pada perhitungan jumla hari peminjaman buku.

Pada konfigurasi ini digunakan untuk menentukan hari libur dari perpustakaan baik itu hari libur rutin atau hari libur nasional dan hari libur yang ditentukan. Berikut adalah cara konfigurasi setelan hari libur.


  • Klik menu sistem di menu side bar dan setelah terbuka menu lagi klik menu setelan hari libur.



  • Saat masuk ke menu setelan hari libur, terdapat beberapa tombol checklist dengan nama hari. Klik pada salah satu hari yang akan digunakan sebagai hari libur rutin. Kemudian klik Simpan Pengaturan.
  • Jika Perpustakaan ingin menetapkan hari libur khusus contohnya hari libur nasional, maka bisa tambahkan hari libur khusus dengan cara klik tombol tambah hari libur khusus. Setelah anda klik tombol tambah hari libur khusus, akan muncul sebuah tampilan untuk mengatur tanggal dari hari libur mulai dari tanggal berapa sampai tanggal berapa. Pada kolom pertama isi dengan tanggal pertama hari libur khusus tersebut dan pada kolom kedua diisi dengan tanggal berakhirnya libur khusus tersebut. Jika hari libur khusus itu hanya satu hari maka tinggal masukkan pada kedua kolom tersebut dengan tanggal yang sama.

  • Pada kolom keterangan hari libur isi sesuai dengan keterangan hari libur dalam rangka apa. Setelah mengisi semua informasi yang dibutuhkan maka klik tombol simpan. Setelah mengisi semua informasi untuk hari libur perpustakaan, klik tombol simpan pengaturan.


F. Hasil yang didapat

  • Dapat melakukan penjadwalan hari libur.

G. Kesimpulan
Penjadwalan hari libur di SLiMS dapat menpengaruhi perhitungan sirkulasi dan inventarisasi.

H. Referensi

  • -

No comments:

Post a Comment