Monday, August 27, 2018

SLiMS - Getting Started - Configuration System | #3 | Mukti911


A. Pendahuluan
Setelah melakukan installasi hal yang pertama apakah yang perlu dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja SLiMS. Nah kali ini aku akan menjelaskan hal hal yang perlu dilakukan setelah selesai melakukan installasi.

B. Latar Belakang
Karena SLiMS akan digunakan untuk membuat sistem managemen perpustakaan dan bisa digunakan untuk menginformasikan tentang perpustakaan.

C. Maksud & Tujuan
Agar dapat mengoptimalkan kinerja SLiMS.

D. Waktu Pelaksanaan

  • Tengantung individu.

E. Pembahasan
Yang perlu dilakukan adalah mengkonfigurasi sistem informasi SLiMS. Nah berikut ini adalah konfigurasi awal :

Pada saat membuka tampilan admin SLiMS, terdapat sebuah menu yang berada di pinggir kiri yang berisi menu menu untuk konfigurasi dari SLiMS. Sebagai Administrator, ubahlah terlebih dahulu sistem yang ada di SLiMS dengan masuk klik menu System lalu pilih System Configuration.
  • Masukkan nama perpustakaan pada kolom name sesuai dengan nama perpustakaan.


  • Pada kolom nama tambahan bisa diisi dengan nama alamat atau nama yang sesuai dengan perpustakaan. Bahasa aplikasi bisa diubah dengan bahasa Indonesia maupun tetap menggunakan bahasa Inggris atau menggunakan bahasa selain bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sesuai dengan bahasa yang didukung oleh SLiMS. Pilih jumlah koleksi katalog atau buku yang ditampilkan saat user mencari sebuah buku yang ada pada database ke OPAC SLiMS sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan oleh sistem. Ubah pada kolom Tampilkan judul terpilih di laman OPAC dengan klik centang untukk menampilkan judul terpilih dan tidak usah berikan centang untuk tidak menampilkan judul terpilih pada laman OPAC.

  • Pada kolom pengembalian kilat digunakan untuk mengatur SLiMS menerima pengembalian barang perpustakaan secara langsung tanpa menunggu sampai tempo waktu yang sudah ditentukan secara otomatis oleh sistem. Pada kolom cetak bukti sirkulasi pilih sesuai dengan sistem yang diinginkan yaitu apakah ingin mencetak bukti peminjaman atau pengembalian barang perpustakaan atau tidak. Masukkan sebuah pilihan untuk pustakawan maupun admin bisa mengubah waktu peminjaman dan jatuh tempo secara manual dengan opsi tidak mungkin atau dimungkinkan. Kolom mengabaikan batas pinjam memungkinkan user untuk meminjam barang perpustakaan tanpa adanya batas waktu atau jatuh tempo sesuai dengan waktu jatuh tempo yang ditentukan oleh sistem. Kolom abaikan perhitungan denda kala libur memungkinkan user untuk tidak mendapat tambahan waktu jatuh tempo pada saat meminja sebuah barang perpustakaan. Detil XML OPAC berfungsi untuk menunjukkan detil dari XML sebuah buku atau media lain dalam format XML dan detil ini bisa dilihat saat mengakses sebuah buku atau media yang ada di OPAC. Hasil XML OPAC berfungsi untuk menampilkan hasil XML dari buku atau media dari katalog yang diakses. Kolom aktifkan pemeriksaan ejaan berfungsi untuk menjalankan pemeriksaan ejaan secara otomatis saat melakukan pencarian buku atau media di OPAC SLiMS.

    • Izinkan pengunduhan berkas OPAC memungkinkan user untuk diperbolehkan atau tidak diperbolehkan untuk mendownoad file lampiran pada sebuah katalaog dengan mengubah opsi menjadi diijinkan atau tidak diijinkan. Pada sesi masuk berakhir digunakan untuk membatasi waktu login dengan batas waktu dalam hitungan detik. Penyandian barkod digunakan untuk memilih jenis penyandian barkod yang akan dicetak sesuai dengan opsi yang diberikan. Visitor limitation digunkan untuk membatasi jumlah pengunjung yang masuk ke SLiMS. Time visitor limitation digunakan untuk membuat sebuah batasan waktu masuk seorang user dalam satuan waktu menit. Setelah memasukkan informasi yang sesuai, klik tombol simpan pengaturan untuk menyimpan pengaturan yang sudah dimasukkan.


    • Hasilnya :


    H. Hasil yang didapat

    • Dapat menlakukan konfigurasi perngaturan sistem

    I. Kesimpulan
    Jadi hal pertama yang perlu di konfigurasi adalah penguran informasi system di SLiMS.

    J. Referensi

    • -

    No comments:

    Post a Comment