Monday, August 20, 2018

How To | Membuat System Login Dengan PHP dan MySQLi | Mukti911 | Part2


A. Pendahuluan
pada kali ini aku akan membuat sebuah artikel yaitu tentang Login System dengan PHP dan Mysqli. Nah Berikut ini adalah artikel tentang Membuat Login System dengan PHP dan Mysqli.

B. Latar Belakang
Karena untuk membangun suatu system login dengan coding web.

C. Maksud & Tujuan
Agar dapat membuat sebuah login system dengan coding web.

D. Waktu Pelaksanaan
  • Tergantung Individu
E. Pembahasan
Dalam pembuatan suatu login system mengunakan coding hml. Hal yang pertama harus di siapkan yaitu membuat suatu Tampilan Layout dengan HTML dan CSS. Nah ditutorial sebelumnya kan saya sudah membuat interface untuk Halaman Loginnya. Untuk memulai tutorial dan project membuat login dengan PHP dan MySQLi seperti di contoh ini, silahkan buat sebuah folder baru dengan nama login pada direktori localhost kalian.
  • Buat sebuah database baru dengan nama loginsystem. kemudian buat sebuah tabel baru dengan nama user. isi dari tabel admin yaitu Num, Username, Password dan FullName. Dimana Num bertipe int, pilih primary dan centang auto_increment nya. Username, Password dan FullName sama-sama bertipe varchar dengan nilai sesuka kalian.
Create New Database
Create New Table in Database

Content Table

Hasil Dari Create Content Table
selanjutnya isikan data admin. untuk data contoh saja. untuk contoh akun admin yang akan login. isikan username nya ‘Mukti’, dan password nya ‘123456’ dan FullName Firmansyah Mukti Wijaya.

Insert Data
Hasil Insert Data

persiapan di database selesai.

Langkah selanjutnya dalah Membuat Konesi ke database. tujuannya agar Project PHP yang kita buat bisa terhubung dengan database.Untuk cara membuat koneksi database dengan PHP dan MySQL, saya telah membahas nya. Buat sebuah le baru dengan nama koneksi.php dan simpan pada folder login yang telah kita buat.

  • koneksi.php

<?php
$servername = "localhost";
$username = "mukti911";
$password = "password";
$database = "password";
$conn = mysqli_connect($servername, $username, $password, $database);
if (!$conn) {
    die("Connection failed: " . mysqli_connect_error());
}
echo "Connected successfully";
?>
sampai di sini koneksi database php dan mysqli telah selesai kita buat. Selanjutnya akan kita buat halaman login sederhana untuk tempat admin memasukkan username dan password. kemudian di alihkan ke halaman admin.

H. Hasil yang didapat

  • Dapat membuat sebuah koneksi ke database untuk membuat system login

I. Kesimpulan
Jadi untuk membuat sebuah System Login dibutuhkan sebuah database untuk user yang akan login lalu membuat sebuah jalur koneksi ke database.

J. Referensi

  • -

No comments:

Post a Comment