Wednesday, August 15, 2018

Project | CookieSystem | Membuat System Login | #3 | Mukti911


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
A. Pendahuluan
Pada hari ini saya akan memulai project yang akan saya buat. Project ini berbentuk website, dimana berfungsi sebagai sarana informasi bagi para siswa dan guru agar dapat saling berkomunikasi. Dengan adanya project ini saya berharap dapat membantu pendidikan di indonesia dalam absensi, pemberian tugas, penjadwalan, dan yang paling penting lagi yaitu komunikasi antara guru dan murid.

B. Latar Belakang
Karena turunnya mutu pendidikan di indonesia, dan dampaknya pada prestasi yang diraih oleh siswa tidak sesuai harapan. Maka dari itu saya berinisiatif untuk membuat project ini.

C. Maksud & Tujuan
bertujuan agar sekolah, guru, murid dapat saling berkomunikasi dan saling bertukar informasi dengan mengunakan sebuah situs yang akan saya buat ini.

E. Pembahasan
Sebelumnya aku membuat website, Website ini masih saya fokuskan untuk pembuatan absensi untuk Sekolah. Nah website ini mungkin akan saya bangun dengan mengunakan kode HTML, CSS, Javascript, PHP, Bootstrap, Jquery, dan Mysqli.

Nah setelah dihari sebelummnya aku membuat Tampilan Admin dan Tampilan Login aku akan meng itregrasikan mereka dengan mengunakan system login. Cara membuat system loginnya seperti berikut. Sebelum memulai membuat kodingannya yang belum lihat kodingan sebelummnya silahkan lihat dulu dan baca dengan seksama. Lalu coba di copy.

Kita lanjutkan pada bagian mebuat file action/ad_check.php. di artikel ke dua tentang membuat sebuah form login. 
<?php
include 'connect.php';
session_start();
if (isset($_POST['log'])) {
$username = $_POST['name'];
$password = md5($_POST['pass']);
if (strpos($username, "'") OR strpos($username, "=")) {
echo "gk iso";
}
else{
if (!filter_var($username, FILTER_SANITIZE_STRING) === false && !filter_var($password, FILTER_SANITIZE_STRING) === false) {
$result = mysqli_query($connect,"SELECT * FROM user_admin WHERE Username='$username' AND Password='$password'");
echo var_dump($result);
echo $username;
echo $password;
$check = mysqli_num_rows($result);
if ($check > 0) {
$_SESSION['username'] = $username;
$_SESSION['status'] = "login";

header("Location:../admin.php");
echo "ada";
}
else {
header("Location:../login.php?notice=gagal");
}
}
}
}
?> 
  • connect.php

<?php
$servername = "localhost";
$username = "root";
$password = "";
$database = "euesystem";
$connect = mysqli_connect($servername,$username,$password,$database);
if (!$connect) {
die("Koneksi Gagal dilakukan". mysqli_connect_error());
}
else {
}
?>
  • Buat database euesytem dan tabel user_admin


Download File Database Contohnya

  • Lalu pada bagian admin.php tambahkan script

<?php
session_start();
if ($_SESSION['status']!="login") {
header("location:login.php?notice=belum_login");
}
?>


  • Lalu action/ad_logout.php

<?php
session_start();
session_destroy();
header("Location:../login.php?notice=logout");
?>

F. Referensi

  • www.w3school.com
  • duniailkom.com


Waalaikumsalam Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment